Variabel Insitu Density Anomaly untuk Aplikasi Fusi Oseanografi

Insitu Variable Density Anomaly for Oceanographic Fusion Applications

Authors

  • Akhyarli Affandi Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut, Prodi D3 Hidro-Oseanografi
  • Widodo S. Pranowo Pusat Riset Kelautan Kementrian Kelautan & Perikanan Republik Indonesia
  • Arta Adhi Surya Lautan Hosting
  • Nawanto Budi Sukoco Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut, Prodi S1 Hidrografi
  • Dian Adrianto Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal)
  • Johar Setiyadi Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut, Prodi D3 Hidro-Oseanografi

DOI:

https://doi.org/10.37875/hidropilar.v7i1.200

Keywords:

Oseanografi, Air Laut

Abstract

Densitas massa air berkaitan dengan berat jenis. Dimana data info tentang densitas sangat dibutuhkan untuk perhitungan perbandingan berat jenis massa air yang akan dimasukkan ke bodi kapal selam dalam rangka mengatur keseimbangan kapal selam melayang di kolom air. Aplikasi Sistem Fusi Oseanografi telah berhasil dibangun pada tahun 2019. Aplikasi ini masih membutuhkan data-data Oseanografi yang lain yang mendukung keperluan sektor maritim secara umum dan sektor hankam secara khusus. Secara khusus di sektor hankam data karakteristik masa air laut umumnya diperlukan untuk perhitungan lanjutan variabel-variabel penting dari operasi militer bawah laut. Sebagai contoh operasi kapal selam, dan pemasangan ranjau bawah laut. Kedua contoh operasi tersebut memerlukan data dan informasi tentang densitas air laut. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Melakukan perhitungan variabel densitas air laut terhadap kedalaman di 11 WFO dan di seluruh perairan Indonesia; 2) Memvisualisasikan variabel densitas di beberapa kedalaman secara bulanan dan tahunan; 3) Memutakhirkan webdatabase sistem fusioseanografi yang sudah terbangun dengan menambahkan variable densitas air laut (Insitu Density Anomaly) terhadap kedalaman, dengan menampilkan karakteristik densitas air laut secara tahunan maupun bulanan, selain itu ditampilkan sesuai region WFO dan di seluruh Perairan Indonesia; 4) Melakukan uji coba input dan output data densitas air laut (Insitu Density Anomaly) di aplikasi android sistem Fusioseanografi. Sistem aplikasi Fusioseanografi di android dapat di akses pada google play dengan link; https://play.google.com/store/apps/details?id=com.labhidros.fusio.

References

Agustinus. 2016. Studi Karakteristik Massa Air Untuk Menentukan Shadow Zone di Selat Makassar.

Dodik Armansyah. 2018. Studi Pembuatan AML Komponen IWC untuk Peperangan Laut dan Optimalisasi WECDIS (Studi Kasus di Selat Lombok).

Ferry Dhian Cahyadi. 2018. Pembuatan Purwarupa Peta Contour Best Operation Depth Kapal Selam dan Informasi Berat Jenis Air Laut Di Wilayah Perairan Sangihe Talaud.

Fofonoff and Millard, Jr. (1991) “Calculation of Physical Properties of Sea water”. WHP Operations and Methods U.S.A: Oceanographic Institution.

http://www.pushidrosal.id/assets/fileman ager/pdf/sejarah_pusat_hidrog rafi_dan_ose.pdf(Di akses 24 Juni 2020).

https://aip.scitation.org/doi/abs/10.1063/1.481505 (Di akses Minggu 14 Juni 2020).

https://www.tokopedia.com/technobuff/p roduct-key-microsoft-office-2013-profesional-plus (Diakses Senin 15 Juni 2020).

https://beyondinfinity.com.au/google- moves-to-elevate-original- reporting-in-search-results/ (Di akses Senin 15 Juni 2020).

https://www.forbes.com/sites/anthonyka rcz/2019/08/01/the-best- printers-of-2019/#1cfaee9d14a4 (Diakses Senin 15 Juni 2020).

http://labdatakelautan.com/fusioseanogr afi/wp-admin/edit-tags.php? Taxonomy = category (Di akses Senin 15 Juni 2020).

https://www.niagahoster.co.id/blog/apa- itu-wordpress/ (Di Akses Rabu24 Juni 2020).

Indra Gunawan. 2019. Studi Karakteristik Massa Air Laut di Perairan Timur Indonesia dihubungkan dengan ENSO dan IOD (Memanfaatkan Data Argo Float).

N. P. Fofonoff and R.C. Millard Jr. (1983). Algorithms for computation of fundamentai properties of seawater.

Pranowo W, dkk. (2003). Akuisisi Data Temperatur dan Salinitas di Samudera Hindia dengan Menggunakan Argo Floats. Jurnal Badan Riset Kelautan dan Perikanan Jakarta.

http://widodopranowo.id/home/wp- content/uploads/2015/05/pran owo-dkk-argofloat-sem-sehari- pusristekla-2003.pdf.

Pranowo W, dkk. (2005). Riset Dampak Perubahan Iklim terhadap Ekosistem Laut Indonesia Menggunakan Data Argo Float. Jakarta: Badan Riset Kelautan dan Perikanan.

Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (2018,19 Maret). Pedoman Penulisan Tesis/Skripsi/Tugas Akhir Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut. Surabaya: Markas Besar Angkatan Laut.

Tri Aji. 2016. Studi Karakteristik Massa Air Untuk Menentukan Shadow Zone Di Selat Sunda.

Downloads

Published

2021-07-24

How to Cite

Affandi, A., Pranowo, W. S., Surya, A. A., Sukoco, N. B., Adrianto, D., & Setiyadi, J. (2021). Variabel Insitu Density Anomaly untuk Aplikasi Fusi Oseanografi: Insitu Variable Density Anomaly for Oceanographic Fusion Applications. Jurnal Hidropilar, 7(1), 11–22. https://doi.org/10.37875/hidropilar.v7i1.200