Aplikasi Sistem Informasi Geografis untuk Perencanaan Rute dan Perhitungan Panjang Kabel (Studi Kasus Survei Rute Kabel Laut Dumai-Batam)

Geographic Information System Application for Route Planning and Calculation of Cable Length (Case Study of Dumai-Batam Marine Cable Route Survey)

Authors

  • Agus Triyana Mahasiswa Program Studi S1 Hidrografi, STTAL
  • Eddy Prahasta Peneliti dari Balai PT Dirgantara Indonesia
  • Kukuh Suryo Peneliti dari Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL
  • Tasdik Mustika Alam Dosen Pengajar Prodi S1 Hidrografi, STTAL

DOI:

https://doi.org/10.37875/chartdatum.v3i1.117

Keywords:

analisis spasial, perencanaan, rute kabel laut, SIG

Abstract

Pembangunan industri kelautan terutama penggunaan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) sangat dibutuhkan dalam perkembangan teknologi terutama adanya tuntutan kebutuhan masyarakat berkaitan dengan pengiriman data, suara, dan gambar dengan  kapasitas transmisi yang lebih besar, dan ini dapat diwujudkan dengan adanya SKKL yang tidak tergantung pada kondisi cuaca dan berfungsi sebagai jaringan transmisi yang menyambungkan antar kanal.

Untuk memenuhi hal tersebut, perlu dilaksanakan survei hidrografi sehingga kondisi perairan jalur kabel laut yang aman dari objek – objek  laut yang membahayakan dapat diketahui, dan hal ini dapat direncanakan dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai fasilitas penyimpan data spasial yang mewakili fenomena dunia nyata dan merupakan suatu perangkat yang mampu untuk memanipulasi data, memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis data serta permintaan fungsi. Sehingga, perencanaan penggelaran rute kabel laut yang lebih optimal, dapat menekan biaya operasional dan instalasi yang tinggi, serta lebih efisien dapat dilaksanakan.

Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis spasial diperoleh rencana rute kabel laut dengan panjang kabel berdasarkan panjang permukaan adalah 315,609 kilometer.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Triyana, A., Prahasta, E., Suryo, K., & Alam, T. M. (2022). Aplikasi Sistem Informasi Geografis untuk Perencanaan Rute dan Perhitungan Panjang Kabel (Studi Kasus Survei Rute Kabel Laut Dumai-Batam): Geographic Information System Application for Route Planning and Calculation of Cable Length (Case Study of Dumai-Batam Marine Cable Route Survey). Jurnal Chart Datum, 3(1), 29–37. https://doi.org/10.37875/chartdatum.v3i1.117