Analisis Perbandingan Perhitungan Volume Pengerukan dengan Perhitungan Manual dan Program Surfer (Studi Kasus Pelabuhan Khusus Batubara PT. Indominco Mandiri Bontang)

Comparative Analysis of Dredging Volume Calculation with Manual Calculation and Surfer Program (Case Study of PT. Indominco Mandiri Bontang Coal Special Port)

Authors

  • Iskandar Zulkarnain Mahasiswa Program Studi S1 Hidrografi, STTAL
  • Eka Djunarsjah Dosen dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB
  • Johar Setiyadi Dosen Pengajar Prodi D-III Hidro-Oseanografi, STTAL
  • Dwi Jantarto Dosen Pengajar Prodi S1 Hidrografi, STTAL

DOI:

https://doi.org/10.37875/chartdatum.v2i1.68%20

Abstract

Salah satu bagian pemeliharaan kolam pelabuhan adalah mempertahankan kedalaman pada kolam pelabuhan. Usaha yang dilakukan adalah dengan melaksanakan pengerukan. Untuk mendukung pelaksanakan pengerukan tersebut, diperlukan perhitungan luas area dan volume yang akan dikeruk secara teliti. Salah satu metode perhitungan volume yang lebih teliti adalah dengan menggunakan metode 1/3 Simpson. Dalam penulisan ini dilaksanakan analisis perbandingan perhitungan volume pengerukan dengan metode 1/3 Simpson secara manual dan metode 1/3 Simpson dalam program Surfer.

Dari perhitungan yang telah dilaksanakan dengan menggunakan data batimetri dari hasil Survei Hidro-Oseanografi dan Pemetaan di Pelabuhan Khusus Batubara PT. Indominco Mandiri Bontang Kalimantan Timur, didapat perbedaan hasil perhitungan volume antara perhitungan 1/3 Simpson secara manual dan 1/3 Simpson pada program Surfer yaitu sebesar 45.386,5326 m3 (6,91%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Zulkarnain, I., Djunarsjah, E., Setiyadi, J., & Jantarto, D. (2022). Analisis Perbandingan Perhitungan Volume Pengerukan dengan Perhitungan Manual dan Program Surfer (Studi Kasus Pelabuhan Khusus Batubara PT. Indominco Mandiri Bontang): Comparative Analysis of Dredging Volume Calculation with Manual Calculation and Surfer Program (Case Study of PT. Indominco Mandiri Bontang Coal Special Port). Jurnal Chart Datum, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.37875/chartdatum.v2i1.68