Kajian Awal Perubahan Muka Air Sungai untuk Penentuan Datum Peta (Studi Kasus Sungai Musi Palembang)

Preliminary Study of Changes in River Water Level for Determination of Map Datum (Case Study of the Musi River Palembang)

Authors

  • Farid Muldiyatno Mahasiswa Program Studi S1 Hidrografi, STTAL
  • Eka Djunarsjah Dosen dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, ITB
  • Dian Adrianto Dosen dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, ITB
  • Widodo S. Pranowo Dosen Pengajar Prodi S1 Hidrografi, STTAL

Keywords:

Datum Peta Sungai, Pasang Surut Laut, Duduk Tengah, Zo

Abstract

Pada pembuatan peta navigasi perairan sungai, besaran Datum Peta yang digunakan nilainya akan berbeda antara hulu dengan hilir. Datum peta merupakan hasil dari perhitungan tinggi muka air, dimana pada perairan sungai muka air selalu berubah menurut tempat dan waktunya. Perubahan muka air sungai dipengaruhi oleh faktor hidrologis dan karakteristik sepanjang daerah aliran sungai, dan juga faktor pasang surut dari laut.

Tugas akhir ini mengkaji pengaruh pasang surut laut terhadap tinggi level air sungai, dengan menggunakan metode Admiralty. Data yang digunakan adalah data dari empat stasiun perubahan muka air milik PT. Pelindo II Palembang periode waktu September 2009 sampai dengan Agustus 2010. Data tinggi muka air digunakan untuk mendapatkan perhitungan konstanta harmonik, Duduk tengah, nilai Konstanta pengurang (Zo) dan tipe perubahan muka air, dengan cara menampalkan grafik tiap stasiun.

Hasil perhitungan dengan acuan menggunakan konstanta harmonik  menghasilkan nilai Duduk tengah rata-rata stasiun Boom Baru 322 cm, Selat Jaran 283 cm, Kampung Upang 310 cm dan Tanjung Buyut 250 cm diatas nol palem. Nilai Zo stasiun Boom Baru 40 cm, Selat Jaran 41 cm, Kampung Upang 41 cm dan Tanjung Buyut 138 cm. Tipe perubahan muka air di stasiun Boom Baru selalu harian tunggal dan di stasiun Tanjung Buyut selalu harian campuran condong tunggal, sedangkan di stasiun Selat Jaran dan Kampung Upang bervariasi. Tunggang air sesuai grafik semakin mengecil ke arah hulu hal ini sesuai dengan hasil hitungan Zo yang semakin mengecil ke arah hulu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Muldiyatno, F., Djunarsjah, E., Adrianto, D., & Pranowo, W. S. (2022). Kajian Awal Perubahan Muka Air Sungai untuk Penentuan Datum Peta (Studi Kasus Sungai Musi Palembang): Preliminary Study of Changes in River Water Level for Determination of Map Datum (Case Study of the Musi River Palembang). Jurnal Chart Datum, 2(1), 36–42. Retrieved from https://jurnal.sttalhidros.ac.id/index.php/chartdatum/article/view/30