Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web untuk Manajemen Data di Dishidros

Development of Web-Based Geographic Information System Applications for Data Management at Dishidros

Authors

  • Janjan Rechar Mahasiswa Program Studi S1 Hidrografi, STTAL
  • Trismadi Trismadi Dosen Pengajar Prodi S1 Hidrografi, STTAL
  • Eddy Prahasta Peneliti dari Direktorat Penelitian, PT Dirgantara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37875/chartdatum.v1i1.13

Keywords:

aplikasi, web, basis data, data spasial

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang sistem informasi yang didukung oleh perkembangan teknologi jaringan membuat  sistem informasi geografis terus berkembang dengan menawarkan berbagai kemudahan yang dapat meningkatkan kinerja dari suatu organisasi yang memanfaatkannya. Aplikasi berbasis web dipilih dalam skripsi ini disebabkan karena adanya tingkat perawatan aplikasi yang lebih mudah bila dibandingkan dengan aplikasi berbasis desktop.

Dalam penanganan data dalam aplikasi ini dibagi kedalam dua jenis data yaitu data yang mengandung informasi geografis (data spasial), dan data atribut.Dalam penanganan kedua jenis data ini terdapat perbedaan dalam hal pembuatan basisdata dan pengembangan aplikasi yang menggunakan basisdata tersebut.

Dishidros sebagai lembaga yang mengelola data spatial dalam hal ini penyediaan peta laut, sangatlah tepat memilih teknologi ini untuk meningkatkan kinerja dari organisasi.Dengan teknologi ini, maka kecepatan distribusi data/informasi yang diperlukan untuk membuat produk dishidros dapat meningkat, begitu juga biaya operasional, keamanan data, dapat lebih baik dari pada sistem konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Rechar, J., Trismadi, T., & Prahasta, E. (2022). Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web untuk Manajemen Data di Dishidros: Development of Web-Based Geographic Information System Applications for Data Management at Dishidros. Jurnal Chart Datum, 1(1), 67–72. https://doi.org/10.37875/chartdatum.v1i1.13