Analisis Spasial Sebaran Sedimen Permukaan Dasar Laut Dari Data Citra Sidescan Sonar (Studi Kasus Perairan Pulau Setokok Selatan Batam)

Spatial Analysis of Seabed Surface Sediment Distribution From Sidescan Sonar Imagery Data (Case Study of the Waters of Setokok Island South Batam)

Authors

  • Undang Rohana Mahasiswa Program Studi S1 Hidrografi, STTAL
  • Tasdik Mustika Alam Dosen Pengajar Prodi S1 Hidrografi, STTAL
  • Irsan S. Brodjonegoro Dosen dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, ITB
  • Nanang Hadi P Peneliti dari Dinas Hidro-Oseanografi TNI AL

DOI:

https://doi.org/10.37875/chartdatum.v1i1.8

Keywords:

Sidescan Sonar, seabad klasifikation, SonarWiz

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mempunyai luas lautan terluas di dunia. sehigga hampir semua jenis topografi bawah laut dijumpai di perairan Indonesia, seperti paparan benua dangkal, cekungan laut dalam, parit, palung, lereng benua, pulau vulkanis dan lainya. Oleh karena itu Indonesia memerlukan berbagai macam data terutama data rupa dasar laut. Untuk mempersiapkan data dari rupa morfologi dasar laut di Indonesia memerlukan peralatan survei dengan teknologi tinggi.

Side Scan Sonar (SSS) adalah sebuah sistem peralatan survei kelautan yang menggunakan teknologi akustik.  Peralatan ini  digunakan untuk memetakan dasar laut yang dapat menggambarkan rupa morfologi dasar laut. Sistem peralatan ini merupakan penginderaan untuk merekam kondisi dasar laut dengan memanfaatkan sifat media dasar laut yang mampu memancarkan, memantulkan dan atau menyerap gelombang suara.Dengan mengelompokan sifat dasar laut tersebut diperoleh klasifikasi dasar laut yang merupakan jenis dasar laut.

Diperairan pulau Setokok selatan Batam telah dilakukan kajian dari data citra Sidescan Sonar dalam bentuk Mosaik yang diolah dengan perangkat lunak SonarWiz dengan mengelompokan nilai pixel dari gambar mosaik sehingga batasan antar jenis dasar laut dapat diketahui secara spasial.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Rohana, U., Alam, T. M., Brodjonegoro, I. S., & P, N. H. (2022). Analisis Spasial Sebaran Sedimen Permukaan Dasar Laut Dari Data Citra Sidescan Sonar (Studi Kasus Perairan Pulau Setokok Selatan Batam): Spatial Analysis of Seabed Surface Sediment Distribution From Sidescan Sonar Imagery Data (Case Study of the Waters of Setokok Island South Batam). Jurnal Chart Datum, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.37875/chartdatum.v1i1.8